Untaian indah Biografi ulama ahlus sunnah

Review: Untaian indah Biografi ulama ahlus sunnah. Penerbit: attuqa

Kalo baca siyar, biografi ulama salaf mesti geleng2 dan penuh decak kagum seakan akan ga percaya, gimana bisa sehari sholat 800 rakaat, gimana bisa nulis buku 30rb lembar halaman, gimana mungkin hafal muwatho' umur 10 th dan hafal cuma dengan sekilas terbaca? "becanda..! yang bener aja. ".....tapi kita bisa lebih percaya ketika mendengar ada yang bisa menggandakan uang, berjalan di atas air, atau bahkan sholat jumat di makkah meski jasad masih di indo.. "apa iya? masa sih.. gimana caranya? search ah.."

Dunia memang terbalik sejak orang2 menyembah apa yang mereka ciptakan dengan tangannya(patung2 dsb), dan mencela mereka yang mendakwahkan sebaliknya. Dan keterbalikan yang kontemporer, ketika anak kecil mulai percaya bahwa 'pintu kemana saja' itu nyata, spiderman itu benar ada di amerika, mutan heroik sungguh fakta, namun menganggap kisah para nabi dan orang sholih sekedar dongeng belaka, menganggap menghafal quran umur 6 tahun hanya bualan yang terlalu keren untuk jadi nyata, dan sebagainya..

Terkadang kita memang sulit menerima khabar2 menakjubkan yang ditorehkan para pelaku sejarah di masa lalu dalam buku2 siyar dll, dimana keshalihan masih menjadi gaya hidup yang menghiasi hari hari mereka. Padahal dari merekalah kita menyaksikan sunnah dengan sungguh sungguh ditegakkan. Dari mereka pula kita banyak mendengar keteladanan dalam cara beragama juga cara mengambil dunia. Tapi untuk menerapkannya dalam kehidupan kita, hanya bisa menjadi cita2 tanpa aksi atau bahkan hanya terbesit sekilas mengangankannya kemudian  kembali ke 'masa kini'. "Itu kan zaman dulu, sekarang? Too good to be true.."

Maka buku ini akan membuka rahasianya kepada pembacanya. Buku ini akan mengetuk hati kita dan menyapa "harapan itu masih ada".. Buku ini akan meyakinkan kita bahwa jiwa merdeka seorang bilal, ketegasan mencontoh seorang umar, kecintaan 'seperti' milik abu bakr, kelembutan meneladani seorang utsman, kecerdasan dalam beragama layaknya 'ali atau 'abdullah bin 'abbas, dan juga semangat beribadah sebagaimana 'abdullah bin 'umar... tak pernah sirna. Meski di zaman penuh fitnah sekalipun..

Maka layaklah kita mengisi hari hari dengan mendengar biografi dan kemuliaan mereka para ulama muta-akhirin, para pengukir sejarah untuk zaman zaman yang akan datang setelah mereka.. Yang kisah mereka akan menjadi saksi bagi kita bahwa taqwa itu bukan mustahil untuk dimiliki, dan semangat menuntut ilmu dan juga mengamalkannya.. Adalah sesuatu yang semua orang bisa merasakannya jika ia mengusahakannya.. Dan Allah maha pemurah atas hidayah taufiqNya, bagi mereka yang berdoa, bagi mereka yang tulus meminta.

_______________________________________________

Bercermin dengan keseharian kita masing masing. Buku ini akan menjadi hujjah bagi kita atau atas kita..

Karena masih bisa kita temukan di zaman ini yang seperti syaikh albani yg hafal 100rb hadits, atau kebutaan syaikh bin baz yang tidak menghalangi ktinggian ilmu menghiasi kehidupan beliau, atau kezuhudan syaikh utsaimin melalui keseharian beliau yang bersahaja..

Di buku ini ada biografi syaikh albani, syaikh bin baz, syaikh utsaimin, syaikh rabi', syaikh abdul muhsin, dan beberapa ulama kontemporer lainnya rahimahumullaah.. Yang semuanya ga jauh dari jaman kita, ga jauh dari jaman gadget dan teknologi, sudah penuh dengan gemerlap kemudahan transportasi juga informasi.. Jadi pendekatan keteladanan yang didapatkan dari membacanya akan -pastinya- lebih 'nyata'.. Dilengkapi dengan kisah2 mereka dalam mengajarkan ilmu, dan juga kegigihan mereka dalam meraih ilmu bahkan sampai usia tua, semangat beribadah dan menegakkan sunnah, dan kisah kisah menarik dan terkadang menakjubkan yang dialami ulama kita dalam keseharian yang diceritakan melalui murid2 dan sahabat mereka.. Cocok untuk dibaca mereka yang masih menganggap 'keshalihan' di zaman ini adalah mitos belaka.

IG @savierayonita ; @bukubagusnih

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?