Komik berfaidah #4

Why you will consider to wear black 

kenapa baju dan jilbab saya mostly hitam? 

pernah iseng ngepost ginian,   ngelawak aja niatnya, jadi gatau bener apa ga metodenya; 

berapa jarak umur biru muda dan biru tua?

Panjang gelombang di warna biru, 450-495 nm tua-muda.. semakin panjang gelombang semakin duluan ditangkap mata. brrt biru muda lebih duluan

selisih panjang gelombang 45nm = 45×10^(-9)m
c (kecepatan cahaya) = 3×10^8 m/s

t=d/v= 45x10^(-9)/(3×10^8)= 1.5 ×10^(-15) =0.00000000000000015s

Jadi segitu jaraknya
Biru muda 0.00000000000000015s lebih dulu tertangkap mata.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Nah diantara alasannya

1. dari spektrum warna digambar, warna hitam punya panjang gelombang paling rendah which means secara fisis paling butuh waktu lama untuk ditangkap mata (tapi beda kasus ketika semua orang pake putih, dan kita item sendiri, secara 'urf manusia, kita akan disebut 'eye catching' hahaha). but still, masih sangat menguntungkan.

2. warna hitam itu memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya yang datang (analoginya sama seperti nyenterin langit di malam hari.. yang terlihat tetap 'emptiness'). jadi semakin hitam benda, semakin mengurangi '3 dimensi'ness/3d'ness dari volumenya (seperti kita sering denger rekomendasi utk pake warna hitam biar keliatan lebih kurus).. Jadi keuntungannya adalah, menyamarkan lekuk tubuh pemakainya.. Dan menyamarkan permukaan si baju/kain itu disetrika apa ga jarang ketauan dan ini nguntungin org yang praktis/simpel alias males hahaha (depends on material juga klo ini hehe). tapi belum ada material yg bisa nyerap cahaya 100%. yang paling canggih itu baru vantablack, nyerap sekitar 99, 965% hehe..

3. Tahukah kalian, hitam dan kelamnya lemari saya akan menghemat waktu/umur, intinya efisien waktu karena jarang galau mikir berjam2 "mau pakai baju apa hari ini" atau "hari ini pake warna apa ya".. Karena tidak ada warna yg menarik mata ketika buka lemari untuk memberi celah pada pikiran yg ga penting kaya tadi. Warna hitam membuat semua potongan/style baju jd tidak ada bedanya, unless kau memberi hiasan di baju tsb maka ini jd beda ceritanya.

Satu2nya kegalauan yg memungkinkan menyerang di pagi hari/ ketika akan pergi adalah : "ini perlu distrika ga ya" hahahaha.

4. ketidakmenarikan warna hitam secara fisis td, seharusnya dan harapannya akan mencegah kesenjangan yang ditimbulkan dr pemakaian baju.. simpelnya, kalo kamu ga paham harga bahan, merk dsb, secara kasat baju asal hitam sulit ditaksir harga/nilainya oleh org lain, jd baju 50rb sama baju jutaan susah bedainnya, asal item polosan. Itu akan mencegah org lain juga dari membuang waktunya untuk yg ga penting sperti menilai si pemakai dan yang dipakai.. jadi ideal dan harapannya, mencegah baju tsb jd pakaian syuhrah bagi si pemakai (balik lagi ke niat masing2 klo ini)..

Tapi lumayan signifikan bedanya dengan baju berpayet, bermotif, dan berwarna, yah intinya yg berhias2an. Yang begituan cenderung memiliki nilai tambah dan dampak secara langsung pada hati si pemakai dan org yg memandang.

tapi tetep ga mutlak.. hati tetaplah hati.. butuh senantiasa dinasehati..

ni ada link asik; https://youtu.be/jzbWtuoLBkk



Popular posts from this blog

Ilmu dunia yang tidak diamalkan, gimana statusnya?

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Apa itu Tauqifiyah?

Sajak Rindu

Aku Cantik Ga??

Mad Badal - Meringankan Syiddah