What the heaven

flowrate darah di ginjal itu sekitar 1000ml/menit, kebayang ga 1 liter per menit itu kaya apa? Konon tekanan di dalam arteri ginjal itu cuma 10 kPa... padahal diameter pembuluh itu kecil, panjang akumulatifnya ribuan kilometer, pompanya 1 doang (jantung, jangan tanya headnya, jangan tanya control systemnya, jangan tanya tekanannya, jangan tanya properti darahnya, jangan tanya jantungnya)..

Jadi terhempas ke bumi yang awalnya seneng banget bayangin ada yang bisa bikin sesuatu yang dikiranya bisa mengakomodir properti2 tubuh sendiri.. Nyatanya... Jauh jauuuuuuh..

Untuk dapet flowrate yang segitu, bisa dibayangkan konstruksi pumpnya yang besar.. Untuk dapet filter yang mengadaptasi model ginjal termasuk ukurannya, butuh riset yg panjang, jatuh bangun, dan biaya yang tidak sedikit untuk meminiaturisasi keseluruhan perangkat.

titik "X"

riset itu, fokus, artinya (bisa terdengar positif.. tp nyatanya bikin frustasi), kamu cuma belajar sedikit dari satu subbagian dalam suatu bidang (baca: sedikit / 0,sekian pangkat sekian).. tapi kamu tetep ga bisa mendapat hasil yang sempurna, gabisa mengungkap seluruh rahasianya.

ilmu Allah luas banget. umurmu dihabiskan hanya untuk belajar pernak pernik kidney aja masih ga cukup.

dedikasi (waktu, tenaga, harta, dan korban lainnya) mungkin masuk ke dalam persamaan tapi koefisien/faktor pengali yang paling besar disitu justru kemurahan dari sang Empunya ilmu, mau ngasih ke kamu apa enggak, mau mengangkat bebanmu apa enggak, mau menjawab keingintahuanmu apa enggak.

له ما في السماوات وما في الارض من ذا الذي يشفع عنده الا باذنه
يعلم ما بين ايديهن وما خلفهم، ولا يحيطون بشيء من علمه الا بما شاء
berhasil itu; jangan coba2 memisahkan keduanya, ibadahmu dan 'risetmu', menganggap keduanya berjalan di koridor yang berbeda, bekerja dengan cara yang tak sama.. keduanya itu related. sangat related.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?