Apa itu nikmat



Apa arti secuil nikmat Allah bagimu?
(وان تعدوا نعمت الله لا تحصوها)
"Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah kamu dapat menghitungnya" (QS. Ibrahim : 34)

Diriwayatkan dalam sebuah atsar bahwa Dawud 'alayhissalaam berkata : "Ya Rabb, bagaimanakah aku dapat bersyukur kepadaMu, sedang syukurku kepadaMu adalah nikmat yang lain dariMu kepadaku?"

Maka Allah berfirman: "Sekarang engkau telah bersyukur kepadaKu wahai Dawud"

Imam Asy Syafi'i rahimahullah berkata : "Segala puji bagi Allah yang tidak dapat dipenuhi syukur atas salah satu nikmat yang telah diberikanNya itu kecuali dengan nikmat baru yang harus disyukuri pula(rasa syukur itu sendiri)"

(Tafsir Ibnu Katsir)

Hak Allah untuk disyukuri tak kan pernah terpenuhi oleh makhlukNya seluruhnya, sedang kebanyakan manusia itu zhalim dan kufur. Dengan mengetahuinya maka kita sadari betapa luasnya rahmat Allah yang tak henti2nya memberi nikmat pada makhluknya meski Allah tau mereka tak mampu  bahkan sekedar menghitungnya... apalagi mensyukurinya?

(Tafsir Al Jalalain)

Segala puji hanya bagi Allah, Rabb yang menciptakan manusia dengan segala organ, mekanisme,  hormon, enzim, beserta sel2 tubuh yang bekerja secara sempurna. Itu baru nikmat sehat, belum nikmat2 lainnya.  Guru kami pernah berkata; apabila setiap nikmat Allah yang yang kita miliki harus kita minta terlebih dahulu, maka habislah usia kita untuk memintanya...

Maka betapa lemah dan butuhnya kita terhadap nikmat dari Allah dan betapa zhalimnya kita dengan kekufuran yang kita lakukan. Jangan pernah merasa cukup dari dzikir Alhamdulillah, dan jangan merasa puas dari istighfar kita.

Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Foton

E-BOOK GRATIS - Taman Hikmah Ramadan

Jangan Nunggu Sempurna

Menjaga kehormatan saudara

الدعاء سلاح المؤمن