Wabah N



Rencananya tgl 23 nanti wisuda.. Alhamdulillah beberapa keluarga beda pulau ampe dateng buat nontonin acara yang denger2 terasa sumuk karena cuma duduk dengerin sambutan2. Tp tetep excited ampe kepikiran gitu buat foto yg kece trus share ke sosmed biar pada percaya kalo aku kemaren itu kuliah teknik beneran, bukan gimik haha.

Terus tiba tiba aja gitu terbesit codex leicester.. Keinget kalo pemiliknya saat ini adalah bill gates yg konon manusia terkaya saat ini. Ngayal gue kalo punya codex leicester, mungkin udah songong ga karuan, trus sok2 bikin review di IG @bukubagusnih pake foto selfie asli nempel bareng suhufnya.. Dan nyatanya aku belum pernah nemuin satu foto selfie pun antara bill gates dengan koleksinya itu.

Dari situ aku mengurungkan niat upload foto lempar topi wisuda sambil megang ijasah (mainstream abis haha).. Malu lah ngebayangin gates scroll2 Explorer IG njuk sampe di foto ku dia ngguyu sambil ngangkat alis sebelah "yaelah bocah, ijasah kertas 100gr aja udah nggaya.. Gue owner perkamen codex aseli aja selow. Mana item2 semua gitu, opo sing dipamerke".. Yah kira kira gitu resolusinya.

Tapi Sering ga sih momen2 Nggaya/Narsis itu muncul? Ntah karena kita percaya begitu saja ketika ada yg bilang kita beken/cantik/pinter/dsb,  atau tanpa ada yg bilang kita telah mempostulatkan hipotesis yg kita buat sendiri (gue cantik berdasarkan gradien dari idung gue, gue keren karena emisivitas rambut gue mendekati 1, kulit gue indah berdasarkan kandungan pigmennya, dsb) .

Padahal kita tau, kalo secantik cantiknya kita, quran telah mengisyaratkan kecantikan sarah (istrinya nabi ibrahim) masih tak tertandingi. Atau jangan2 ama anak tetangga sebelah aja kita udah kalah cantik.

Padahal kita tau, seganteng2nya kita,  quran telah mengeksplisitkan deskripsi ketampanan nabi yusuf yang sampe bikin ciwi2 ga Sadar kalo mreka ngiris jari2 mereka sendiri (bahkan jaman itu jauh dari abad ke 17, ditemukannya anastesi). Atau jangan2 sama abang2 porter bandara atau hotel2 aja lu udah kalah telak gantengnya.

Sama lagi, sekaya2nya kita, punya dodge viper atau ampe bikin story IG di jet pribadi.. Padahal Liat gates rambutnya masih gitu2 aja, ga lantas diekstensi pake rambut sintetik emas berhubung kaya bgt,  dia nyantai2 dan tidak berusaha untuk membuktikan ketajirannya.

Atau Sepinter2nya kita, marie curie yang menang nobel 2x pada fisika dan kimia aja gakan kita temui foto selfi mata kedip sebelah sama bibir manyun ke medalinya meski jaman itu kamera udah banyak berkembang dibanding abad ke 10 ia ditemukan.

Pertanyaannya :
1. Apa sih yang mau kita buktikan?
2. Kepada siapa kita membuktikan/ Kepada siapa kita mencari pengakuan?
3. Kalau sudah terbukti terus kita mau apa?

Kalo susah jawabnya, hadits yang satu ini bisa bantu

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﻣﻦ ﺣﺴﻦ ﺇﺳﻼﻡ ﺍﻟﻤﺮﺀ : ﺗﺮﻛُﻪ ﻣﺎ ﻻ يعنيه
ﺣﺪﻳﺚ ﺣﺴﻦ؛ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﻏﻴﺮﻩ

Di antara tanda baiknya keislaman seseorang adalah, dia meninggalkan apa yang tidak 
bermanfaat baginya

Dan quotenya hasan al bashri
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ : ﻋﻼﻣﺔ ﺇﻋﺮﺍﺽ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺃﻥ ﻳﺠﻌﻞ
ﺷﻐﻠﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﻻ ﻳﻌﻨﻴﻪ 
"tanda bahwa Allah berpaling dari seorang hamba adalah Allāh sibukkan ia dalam hal2 yang tidak bermanfaat "

Semoga Allah melimpahkan taufiq pada kita dan menjaga kita dari wabah N (nggaya/narsis/nyombong/ terserah kau menyebutnya apa). Aamiin


Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi