Kreatif

#magnus #magnuseffect #funphysics #physics #appealing #funfact

Lihat model sayap pesawat di foto.. Airfoilnya jelas beda kaya pesawat yg kita kenal. Bagian terluar sayap akan berputar dan menghasilkan lift/gaya angkat pesawat memanfaatkan magnus effect (dengerin video interaktif menarik dr veritasium soal ini). Kreatif ya? O jelas.

1930. Kreativitas. Tidak akan terdengar begitu kreatif ketika kau tau sudah ada yang mendahuluimu. Kreatif itu sah sah saja selama bukan dalam tuntunan peribadatan.

Mendadak keinget kisah yahya bin yahya bin katsir, al laitsi.. Banyak yang meriwayatkan Muwatho' dari beliau. Safar dari andalusia/spanyol menuju madinah untuk berguru dengan imam malik.

Jaman itu belum ada pesawat.. Boro2 pesawat, parade gajah yang melintas di dekat masjid nabawi aja berhasil memalingkan seluruh orang yang duduk di majlisnya imam malik saat itu (saking ga pernahnya liat gajah). Oh ada satu yang tidak bergeming dari tempat duduknya (selain sang guru).. Dialah yahya. "Aku jauh jauh dari negriku kemari bukan untuk melihat gajah, tapi berguru kepada engkau". Imam malik pun menghadiahkan manuskrip bersejarahnya kepada sang murid yang telah berhasil menyentuh hati beliau. Al muwatho'. Itu tu rasanya lebih girang dibanding ketemu Bang Leo dapinci trus dikasih codex leicester officially.

Tampak kreativitas yang aulaa dan a'laa pada diri Yahya..itu kenapa banyak muwatho yg beredar (duh diksinya) di jaman banyak diambil dr yahya. Wong beliau dihadiahin lngsung ama penulisnya.... 

Aku hanya pecundang yang memaksakan diri menulis nama beliau dengan segala beban keteladanan yang menyertainya.

#maksa #gapapa #peduliamat #gausahnyinyir

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Sajak Rindu

5 Video Podcast Paling Menginspirasi

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Apa itu Tauqifiyah?

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4