Review Aplikasi Quran Tutor/Moallem (معلم)

Aplikasi bagus, namanya quran tutor, bisa jadi pelengkap dalam memperbaiki bacaan Al Quran. Tapi yang terbaik tetap talaqqi kepada guru yang memang mumpuni apalagi yang telah mendapat rekomendasi atau sanad. Jadi kehadiran aplikasi bukan sebagai subtitusi atau alternatif melainkan sekedar pelengkap dan media berlatih.

Jadi ada beberapa mode yang bisa digunakan di dalam aplikasi ini. Mode reading biasa (kaya aplikasi quran2 pada umumnya), mode memorizing, mode reiteration (baca dan dinilai setelah dicontohkan qori' yang kita pilih), atau reciting aja (langsung baca dan dinilai). 

Di aplikasi ini ada beberapa qari' atau reciter yang sudah masyhur sekali. Beberapanya syaikh abdullah basfar, husyari, hudzaify, dll. Ditambah kita bisa dapat penilaian untuk bacaan kita(yang direkam setelah bunyi pluit) dari sisi tajwid dan makhrajnya dengan klik dan hold di potongan kata yang warnanya bukan hijau..

Untuk potongan kata atau ayat yang berwarna hijau nanti munculnya 'may Allah bless you', means bacaannya insyaallaah sudah benar. Kalo merah berarti masih harus mengulang ayatnya, kalau oren/kuning/coklat akan ada koreksi kesalahan tanpa diminta mengulang. 

Oke. Selain bisa koreksi bacaan per potongan kata, ternyata ada fitur lainnya..
-Ada tafsir mufrodatnya juga (in arabic)..
-Di bagian 'memorize' akan disuruh ulang 1 ayat - defaultnya- sebanyak 10x (klik manually kalo udah dibaca)  , pengulangan ke 2 akan muncul terjemah ayat (sesuai bahasa yang dipilih). Di pengulangan ke 5 sampe 10 ada fitur potongan kata yang hilang, jadi melatih hafalan secara visual juga. Dan jumlah ayat yg akan dihafal juga setting fiturnya bisa dicustom sendiri.
-qurannya dari segi font dan tanda baca juga waqaf sama kaya mushaf madinah (rasm utsmani), jadi penulisannya sesuai standar internasional (bukan depag ya). 
-bisa search ayat pake suara. Kalo di app Ayat dari KSU cuma bisa pake tulisan itu pun teks arabnya aja.. After this akan direview kelebihan2 app Ayat. 
Quran tutor/moallem (معلم)

Worth to be shared and downloaded
Segera donlot. Free, gada purchase inside. 

Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?