Sejak saat itu saya ga beli perhiasan lagi

 


Berapa waktu lalu saya ke mall dan ngelewatin sebuah toko emas yang bersebelahan dengan toko berlian.

Tiba-tiba saya inget cincin yang saya pake itu ada berlian sekitar 0.3-0.4 karat (sekarang 1 karat tu nilainya mulai dari 2000an dolar atau 30-160an jt tergantung clarity, color, dan cuttingnya). Cincin itu pemberian mama saya yang dibeli tahun 2007. Sudah pasti, saya ga nyimpen sertifikatnya krn dulu ga ngerti wkwk..  

Lalu saya iseng masuk ke toko tersebut utk coba naksir nilai cincin saya.. Little did i know kalo jual berlian tu harus ada surat atau sertifikatnya.. Tapi kemudian pramuniaganya ngecek sendiri dengan detector toko tersebut kalo itu berlian asli.. Emasnya 17 karat, berat total cincin sekitar 2.76 gr, berarti  kalo 1ct berlian itu 0.2gr, 0.3ct sekitar 0.06 gram.

Tapi saya kena mental wkwk.. Toko tersebut gamau nerima cincin saya krn beda merk alias beda toko waktu belinya. Ditambah gada surat2nya. Ditambah lagi bentukan cincin yang ga berkilau lg krn fatigue alias cacat pemakaian dr th 2007 hahahaha.. Tp fakta kalo beda merk itu udah cukup utk si mbanya menolak cincin saya.

Akhirnya saya tanya2 dengan sketsa imajinatif, gimana kalo seandainya sertifikatnya ada dan merknya sama.. Trus mbanya jelasin kalo kaya gitu harga jualnya akan mengikuti harga dolar kemudian dikurangi 15% (ya semisal skema buyback logam mulia gitu deh) dan dikurangi lagi dengan ngeliat fisik berlian ; goresan2 dan noda2 di batunya yg mengurangi nilai claritynya..

Dengan kata lain, semisal saya beli 

berlian 1ct 2000 dolar di toko A ketika dolar Rp 14500 = 29.000.000

kemudian saya jual bulan berikutnya di toko A lagi ketika dolar Rp 14300,

nilai berlian saya akan berkurang 400rb karena selisih harga dolar yang turun

200 rupiah x 2000 (harga berlian 1 ct) = 400.000

trus dikurangi lg 15% dari harga belinya atau kekira 4,35 juta,

15% x 29jt = 4.350.000

trus dikurangi lagi seandainya ada cacat atau goresan di permukaan batunya.

Jadi berlian yang saya beli 29jt waktu dijual tinggal 

29.000.000 - 400.000 - 4.350.000 = 24.250.000 aja

Itu kalo fisiknya gada cacat sama sekali...


Rugi ga? Rugi dong heheheh


Karena saya ngerasa "rugi" karena udah berekspektasi tinggi dengan nilai cincin saya, saya datengin toko emas sebelahnya, kemudian saya pura2 mau jual emasnya aja, udahlah peduli amat sama berliannya wkwk..

Daaan... Sama aja, krn merk emasnya jg beda dengan waktu saya beli mereka pun gamau terima..

Pun sama toko berlian tadi, saya kepo jg dan dijelaskan pramuniaganya kalau kita jual perhiasan dari merk mereka, harga perhiasan kita akan mengikuti harga emas di hari itu dan dikurangi 15%..

Krn harga perhiasan itu terdiri dari nilai emasnya dan biaya desain/pembuatan, jadi rata2 toko emas akan menghargai semua perhiasan yg dijual kepada mereka dari nilai emasnya aja.. Kan mereka yg bikin itu perhiasan wkwk.. Jd ngapain mereka bayar biaya desain.

Tapi Endingnya fix cincin saya gada harganya di mata merk lain. Ntah itu emasnya maupun batu berliannya...

Tapi beda dengan logam mulia emas murni 24 karat apalagi kalo antam, semua toko emas mau terima meski tetep mereka punya skema harga buyback masing2.. Setidaknya tetep berharga dibandingkan cincin saya tadi walau ada berliannya.

Krn antam juga BUMN jadi mereka punya kedudukan spesial di mata masyarakat ketimbang merk2 LM swasta kaya UBS, minigold, semar, eoa, emas mini dll.. Karna emas antam udah diakui sebagai emas 24 karat secara internasional.. Jadi kalo dijual di luar negri pun laku dan bisa ngikutin harga emas dunia saat itu.

Sejak saat itu saya putuskan ga bakal beli perhiasan lagi, mau emas mau berlian dkk.. Rugi wkwkwk.. Kecuali kalo dibeliin yang cakep ya ga nolak hahahaha

Beda orang beda preferensi.. orientasi saya memang nabung dan investasi.. Jadi prinsip berhitung saya, kalau beli sesuatu harus ngeliat dari segi nilai dan manfaatnya.. Dan  menurut saya, perhiasan itu manfaatnya kurang untuk saya pribadi (karna saya ga pake2 perhiasan).. Ditambah nilainya yg berkurang.. Jadi saya tidak lagi memandang perhiasan itu instrumen yang bagus untuk menyimpan uang apalagi sebagai investasi.

So mungkin temen-temen dapet pertimbangan dari sudut yang lain sebelum memutuskan untuk beli perhiasan atau berlian.. Hehe

Kalau emang karena suka dan cakep itu perhiasannya, ya beli aja tapi siap kecewa kalo pas dijual lagi nilainya ga kaya waktu baru beli..

Secara umum ya sama kaya barang2 preloved kita.. Kan orientasi beli sejak awal bukan utk dijual lagi melainkan utk dipake dan dapet manfaat dari fungsi barangnya.
Kalo perhiasan ya fungsinya untuk berhias hehe.. Mungkin bisa tetep bernilai kalau dijual lagi ke komunitas atau person yg punya hobi berhias jg.. 


Comments

Popular posts from this blog

Ilmu dunia yang tidak diamalkan, gimana statusnya?

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Apa itu Tauqifiyah?

Aku Cantik Ga??

Sajak Rindu

Komik berfaidah #4

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan