Kenapa Harus Tartil?


Simak hadits berikut ini...

عن موسى بن يزيد الكندي –رضي الله عنه – قال كان ابن مسعود – رضي الله عنه – يقرئ رجلا فقرأ الرجل :
" إنما الصدقات للفقراء و المساكين " مرسلة أي مقصورة ،
فقال ابن مسعود :ما هكذا أقرأنيها رسول الله صلى الله عليه وسلم , فقال الرجل : و كيف أقرأكها يا أبا عبد الرحمن ؟ قال أقرأنيها هكذا :
" إنما الصدقات للفقراء و المساكين " و مدّها .

Musa bin Yazid Al Kindi Radhiyallahu'anhu menceritakan bahwa Ibnu Mas'ud Radhiyallahu'anhu pernah membacakan ayat kepada seorang laki-laki, lantas laki laki tersebut membaca dengan cepat "innamash shadaqaatu lil fuqaraa-i wal masaakiin"

Kemudian Ibnu Mas'ud berkata : "bukan seperti ini Rasulullah mencontohkan kepadaku"

Lau laki laki tersebut bertanya : "bagaimana Rasulullah mencontohkannya kepadamu wahai abu abdirrahman?" Ibnu Mas'ud menjawab : seperti ini "innamash shadaqaatu lil fuqaraa-i wal masaakiin" dengan memanjangkannya (dengan tartil). Demikian hadits yang diriwayatkan ath-Thabrani.
.
Maka jawaban untuk pertanyaan di atas, menagapa seseorang harus membaca Qur'an dengan tartil adalah dalam rangka meneladani bacaan Qur'an nabi, dengan meniti ajaran yang disampaikan para sahabat. Selain itu Allah berfirman,

فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ
“Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu.” (QS Al-Qiyamah; 18). Ayat tersebut menjadi salah satu dalil tentang syariat untuk tartil dalam membaca Al Qur'an.

Jadi jangan terburu-buru mengkhatamkan Al-Qur'an, nikmati setiap detiknya.. karena pada hakikatnya, membaca Al Qur'an adalah momen spesial dimana Rabb kita sedang berbicara kepada kita. Ingatlah bahwa semua bait firman tersebut diturunkan untuk kita...
.
Kalau kita bisa melonjak girang tatkala ada tokoh yang menegur atau sekedar menyapa kita, maka bagaimana mungkin kita merasa bosan dengan waktu yang kita lalui bersama dengan kalam Rabb semesta alam?

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

لا تغضب hold your anger

Sajak Rindu

Surat untuk sahabat

Aku Cantik Ga??