Taman Hikmah Ramadan - Muqoddimah


Insyaallah mulai hari ini saya dan @candraprahastiwi mau mencoba membagikan faidah dari kitab yang pernah dibahas oleh @ ustadzaris di bulan Ramadhan beberapa tahun silam, yaitu kitab majalis syahri ramadhan al mubarak karya syaikh Fauzan (ada kitab berjudul sama karya syaikh utsaimin jadi jangan keliru).
.
Kami pilih kitab ini dalam rangka menyambut bulan ramadhan dan mengisi hari hari karantina #dirumahajaagar lebih bermanfaat. Sehingga kami tidak menjanjikan postingan kami bertahan hingga kitabnya selesai mengingat banyaknya bab yang dibahas di dalam kitab.

 



Sebagaimana yang bisa teman-teman baca di gambar di atas, kitab ini tadinya merupakan kumpulan kultum yang disampaikan oleh syaikh selama bulan Ramadhan yang kemudian di transkrip menjadi buku.

.
Dari sini pun saya sudah terpana mengingat begitu banyak dan eloknya pelajaran yang disampaikan di buku ini. Saya membayangkan betapa luasnya ilmu syaikh ketika majlis beliau yang terdengar spontan yakni cukup mengandalkan hafalan dan pemahaman saja bisa menghasilkan sebuah buku tebal yang sarat faidah.. yang demikian pun, syaikh bubuhi muqoddimah dengan kalimat "meskipun yang aku sampaikan hanya sedikit"... maasyaallaah..
.
Maka dari muqoddimahnya saja sudah kita temukan berbagai faidah, termasuk "kalau berbagi secuil saja kita pelit, bagaimana kita akan merasa ringan untuk berbagi lebih banyak?". Agak senada ya dengan hadits dari An Nu’man bin Basyir berikut, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ
.
“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

Bersyukur sesekali saja kita kadang lalai, apalagi jika dituntut untuk mensyukuri seluruh nikmat Allah yang kita terima selama ini, lebih-lebih lagi kita tidak akan sanggup.

Mudah-mudahan kita bisa mengeruk pelajaran lebih banyak lagi dari kitab yang ada di hadapan kita ini... Insyaallah..
.
Postingan bersambung ini Saya beri label #tamanhikmahramadan

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?