Taman Hikmah Ramadan - Majelis 3





Kenapa Puasa itu Ibadah yang utama di sisi Allah?


1️⃣karena Allah mencintai ibadah puasa sampai-sampai Allah wajibkan bagi semua mukallaf untuk berpuasa sebulan penuh. Dalilnya surat Al-Baqarah 183
.
2️⃣seseorang yang berpuasa harus menahan syahwat biologisnya, meninggalkan makan dan minum, menahan lisan, menjaga pandangan, dan perbuatan lainnya yang dapat membatalkan atau mengurangi pahala puasanya. Ini semua dilakukan dalam rangka patuh kepada Allah, padahal terkadang dia sangat membutuhkan perkara-perkara tersebut.. semisal makan ketika lapar, minum ketika haus, ketika lelah, dsb.
.
3️⃣orang yang berpuasa meninggalkan perkara yang mubah ketika dia sedang berpuasa, seperti makan dan minum yang hukum asalnya adalah mubah. Lebih lebih lagi perkara yang makruh dan haram. Padahal dia mampu dan memiliki kesempatan untuk melakukannya. ini merupakan bentuk mendahulukan ridho Allah melebihi yang lainnya.
.
4️⃣dengan berpuasa seseorang melakukan ibadah sabar (dalam meninggalkan larangan Allah) yang balasannya tidak berbilang, sebagimana firman Allah dalam surat Az Zumar


انما يوفى الصابرون اجرهم بغير حساب

.
Ia pun melakukan ibadah syukur, yakni ketika dia makan kemudian bersyukur atas nikmat yang telah dihalalkan baginya di waktu berbuka puasa.


الطاعم الشاكر بمنزلة الصائم الصابر


Orang yang makan dan bersyukur itu sama kedudukannya dengan orang puasa yang bersabar
.
5️⃣Bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum daripada bau misk di sisi Allah.. dikarenakan seseorang melakukan puasa dalam rangka taat kepada Allah meskipun dia tau bahwa manusia tidak menyukai bau mulut yang dihasilkan saat orang berpuasa.. maka ini pun salah satu yang menyebabkan puasa menjadi ibadah yang utama di sisi Allah.

Maka hendaklah seseorang ikhlas dan bersemangat menyempurnakan ibadah apapun termasuk puasa. Dikarenakan begitu besarnya keutamaan yang dia dapatkan dan itu semua hanya diperuntukkan bagi orang yg ikhlas dalam ibadahnya. Sehingga khusus ibadah puasa ini, dia tidak hanya mendapatkan lapar dan haus saja.





Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi