Doaku ga terkabul?!

Katanya, Ibrahim dan zakaria ga pernah kecewa jika berdoa. Katanya, Allah maha mendengar dan mengabulkan semua permintaan. Tapi kok doaku ga terkabul ya?

Pernah ngerasa gitu?

Hati hati dengan prasangka yang demikian. Allah mujiibus saailiin , tapi Allah juga Al hakim, dan Al 'adil. Kalau untuk mengajukan proposal ke sesama makhluk aja ada prosedurnya, syarat2nya, dan format atau template2nya, masa ke pencipta cuma maen minta trus pengen langsung diapprove? Jangan lupa bahwa ada yang namanya penghalang doa. Ada adab dalam berdoa. Ada kriteria kriteria agar doa diterima.

Di antara penghalang terkabulnya doa ialah
1. Makan dan minum atau berpakaian dari yang haram, atau dari usaha/ kerja yang haram.
2. Tidak khusyu’, tidak bersungguh sungguh atau lalai dalam berdoa
3. Teburu –buru minta terkabul doanya yang akhirnya ia meninggalkan doa
4. Berdoa yang isinya mengandung perbuatan dosa atau memutuskan silaturahim.
https://almanhaj.or.id/96-penghalang-penghalang-doa.html

Di antara adab dan waktu mustajab untuk berdoa

https://almanhaj.or.id/4003-adab-adab-dalam-berdoa.html
https://rumaysho.com/16893-7-catatan-mengenai-adab-doa.html


Tapi aku ga makan minum atau berpakaian pake uang haram, aku bahkan doa lengkap dengan mengamalkan sunnah2 dan adab adabnya, juga di waktu yang mustajab untuk berdoa, aku ga doa biar orang lain sengsara dan semisalnya, aku fokus dan serius waktu doa, dan aku udah doa itu bertahun tahun, tapi ga dikabulin juga?

Ketika seseorang berdoa maka 3 hal yg pasti salah satunya terjadi
1. Allah mengijabah doanya
2. Allah menyimpannya dan akan menggantikannya sebagai kebaikan di akhirat kelak
3. Allah akan melindunginya dari bala sebesar/senilai dengan permintaan yg ia panjatkan

“Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara, baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia atau dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat atau dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”, para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah, kalau begitu kami akan memperbanyak doa?” Beliau menjawab:
“Allah lebih banyak (pengabulan doanya)” HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib, no. 1633.

(Ad-Daa' wad-Dawaa' - Ibnul Qoyyim rahimahullah)

Jadi jawabannya, bisa jadi doamu sudah terkabulkan dengan sesuatu yg lebih baik, but you've been taking it for granted, karena kamu ga nyadar aja. Kamu menyangka apa yang kamu minta dengan "aku mau jadi org paling jenius di dunia" "aku mau jadi orang paling ganteng/cantik sekomplek" "aku mau jadi orang paling tajir ngalahin bill gates" itu adalah hal yang baik untuk dirimu.

Padahal karena rahmat Allah-lah ketika Ia tidak mengabulkan semua doa kita. Bayangkan kalo doamu minta kantong ajaib kaya doraemon dikabulkan! Mungkin kamu udah jadi berhala, orang2 ngalap berkah ke kamu sebagaimana orang2 ngalap berkah ke ponari jaman dulu. Bencana kesyirikan menimpa satu kota karena satu bait doa.. Maka kemungkinan yang 2 lainnya pastilah yang jauh lebih baik dibandingkan pengabulan doa.

Intinya, tidak ada yg mengetahui masa depan selain Dia, dan dengan ilmu dan hikmahNya, Allah lebih tau mana yg lebih baik bagi hambaNya, karena tanpa sadar terkadang manusia berdoa keburukan bagi dirinya atau orang lain.

Teruslah berdoa yang baik baik

http://www.dakwahsunnah.com/artikel/terjemah/132-setelah-ini-anda-masih-malas-untuk-berdoa.html


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?