Bengong

Hasil bengong hari ini, hujan dari habis subuh, di rumah aja. Kelaperan, mau gofood tp riba.. Bolak balik dapur, buka tutup kulkas, gada yang berbeda wkwk. Trus ngeliat telor.. Merenungi telor..

Trus keinget praktikum ngebubut bikin shaft, milling part bentuk lainnya, pake CNC jaman dulu.. Bikin satu part bentuk tirus/lingkaran itu yg paling gaenak codingnya. Harus dicek/sinkron koordinat2 dengan desain di inventor(itu aja untung pakenya autodesk, bkn cad).

Trus ngeliat telor ini kalo dibikin persamaan susah banget mesti, dikata elips tapi ga elips banget, dikata lingkaran juga bukan. Ga ngebayang kalo disuruh bikin 1 telor aja pake 3d printer/mesin CNC kaya apa lamanya..

Dan ayam tanpa pikir rumit, bisa bertelor easily berkala menghasilkan telor2 yg radial dari satu sudut, dan simetris dari sudut lainnya. sempurna geometrinya.

Begitu pula dengan buah2an. Masing2 tanaman itu makannya sama (air, udara, dan cahaya) tapi kok ya hasilnya beragam warna, bentuk, dan rasa.. Enak lagi.. Maasyaallaah. Laper gue ilang, sungguh. Gajadi masak telor wkwk. .

Data dr FAO kalo saat ini untuk kumbang sendiri ada 1,5 juta spesies (itu jenisnya/spesiesnya. brrt jumlahnya bisa jauh lebih banyak lagi), dan untuk semua serangga yang ada di dunia terdiri kurang lebih dari 5,6 juta spesies. [dapat dari TED talk tentang entomology di fak. Biologi UGM 2017 silam]

Fakta bahwa manusia diciptakan tidak ada yang identik itu sudah sangat luar biasa. Fakta bahwa tidak pernah ada 2 snowflakes yang persis sama juga keren banget.  Ditambah fakta bahwa spesies2 baru animalia akan lebih sering ditemukan seiring menuanya bumi.

Maha perkasa Allah dan luasnya ilmuNya yang telah menciptakan semuanya tanpa referensi, sempurna di atas peran dan fungsinya, dan tak hanya mencipta tapi juga Allah mengawasi seluruhnya, membiarkan sistem2 (pencernaan, pernafasan, aliran darah, dsb) di setiap jasad dan makhluk bekerja di atas ketetapanNya dan karuniaNya, tanpa harus 'kami' jalankan sendiri (manually)..

Sampai Kapan manusia terus berpaling dari kenyataan hakikat dirinya?

Quote pic by: prof brian cox



Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi