Dua pilihan

Kalo di syarah qowaid fiqhiyah ust aris kemaren itu.. Ketika kita dihadapkan 2 pilihan yang sama2 mashlahat, maka Ada 3 keadaan dimana amalan mafdhul (kurang utama) itu afdhol untuk dilakukan dr pada amalan fadhil (utama).. Salah satunya ketika amalan mafdhul tersebut lebih dicintai oleh hati (membuat hati lebih tenang, dsb). Misal di spertiga malam terakhir kita bangunnya mepet mau subuh.. Trus bingung mau tilawah apa berdoa.. Padahal dzikir yg utama secara mutlak itu adalah baca quran kan, tp bisa jadi kalo dia pake waktu mepet td untuk berdoa dia bisa lebih khusyu', bisa mengucurkan air mata dsb.. Jadilah berdoa itu sebagai amalan yg lebih afdhol baginya dibandingkan membaca quran.

2 keadaan lainnya :

1. Wadzifatul waqti, ada kala ketika suatu amalan itu afdhol dilakukan di waktu2 tertentu/pas momennya meski asalnya ia bukan amalan fadhil alias amalan mafdhul. Misal baca quran, secara mutlak merupakan amalan yang utama. Akan tetapi setelah sholat wajib akan lebih afdhol jika kita membaca istighfar 3x, dan dilanjut dengan dzikir2 lainnya yg disunnahkan untuk dibaca ketika momen tsb, dibandingkan langsung tilawah quran.

2. Ada manfaat yg sangat besar (ntah dari ukuran manfaat itu sendiri atau juga cakupan dari manfaatnya, alias manfaatnya meluas dan tidak terbatas bagi diri pelakunya sendiri), misal kita mengeraskan bacaan basmalah ketika jadi imam sholat jahr di kampung yang masih banyak orang awam dengan sunnah.  Padahal kita tau keutamaan mensirrkan bacaan basmalah ketika membaca alfatihah. sang imam memang tidak melakukan sebuah amalan fadhil, akan tetapi dengan bermudaroh, atau seperti sikapnya tersebut ia dapat mengambil hati para warga/makmum sehingga mereka akan lebih mudah menerima dakwah dan kebenaran yang akan disampaikan oleh sang imam tadi.

[dauroh qowaid fiqhiyah oleh ustadz aris munandar hafizhahullah]

Note: Picnya ga nyambung


Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

لا تغضب hold your anger

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia