Menjaga kehormatan saudara

🍃🌿💦🍃🌿💦🍃🌿

Ibadah Itu Bernama Menjaga Kehormatan Saudara

قال عمر بن عبد العزيز :
" أدركنا السلف وهم لا يرون العبادة في الصوم ، ولا في الصلاة ،
ولكن في الكف عن أعراض الناس
فقائم الليل وصائم النهار؛ إن لم يحفظ لسانه ؛ أفْلَس يوم القيامة ".

التمهيد ١٧ / ٤٤٣.

Umar bin Abdul Aziz berkata:

"Kami mendapati salaf, mereka tidak menilai ibadah itu hanya dalam puasa atau sholat, namun ibadah hakiki adalah dengan menahan diri dari menodai kehormatan manusia.
Orang yang sholat di malam hari dan puasa di siang hari jika dia tidak menjaga lidahnya maka dia akan bangkrut/merugi di hari kiamat kelak". (At Tamhid 17/443)

Tak cukup sampai di situ, mereka juga mengajarkan ibadah hakiki ini kepada putra2 mereka.

قال الشيرازي رحمه الله :

" أذكرُ أنّي كنتُ في عهد الطفولة متعبِدًا، قوَّام الليل، مولعًا بالزهد والتقوى.
وذات ليلة كنتُ جالسًا في خدمة أبي، ولم أُغمض عيني طول الليل،
وأخذتُ المصحف العزيز في حجري، وحولنا قومٌ نيام ..... فقلت لأبي : إنَّ واحدًا من هؤلاء لا يرفع رأسه ليصلي ركعتين ، وقد ناموا هكذا كأنهم موتى!.
فقال: يا روح أبيك ! ، لو كنتَ أنتَ أيضًا نمتَ ، لكان خيراً من أن تقع في الخلق ".
[جنّة الورد / ص١٠٢].

Asy Syirozi berkata:

Aku masih ingat saat aku masih kecil, aku begitu rajin ibadah, sholat mlm, Zuhud dan bertaqwa.

Suatu malam saat aku membantu ayahku dan aku belum memejamkan mataku sepanjang malam itu.
Aku ambil mushaf Al Qur'an di pangkuanku dan disekitar kami banyak manusia yg masih terlelap tidur.

Aku katakan pada ayahku:
Wahai ayah, tak seorang dari mereka mengangkat kepalanya untuk sholat dua rokaat, mereka tidur bagaikan mayat...

Ayahku menjawab: Seandainya kamu juga tidur seperti mereka, itu lebih baik bagimu daripada kamu mencela orang.

(Jannatul Ward hal.102)

Subhanallah....Itulah pendidikan ibadah yg hakiki...

--
Semoga Allah menjaga kita dari ketergelinciran lisan berupa mencela/merendahkan kehormatan orang lain 💦💦
Copas dari grup WA Wisma YPIA Yogyakarta

Comments

Popular posts from this blog

لا تغضب hold your anger

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Foton

Komik berfaidah #4

Kenapa Harus Tartil?

E-BOOK GRATIS - Taman Hikmah Ramadan

Nikmatilah selagi hangat