Thought

Konon, massa alam semesta (tertulis materi biasa, ntah maksudnya barioniknya aja apa sama dark matternya juga, itu pun hanya yang "observable", selebihnya Allaahu a'lam) itu 10^53 kg.. (Jare Bang Wiki).

Aku belum pernah liat duit yang 0nya 9, ini massa alam semesta 0nya ada 53!

Tapi nih.. Tadi aku ikut kajian tauhid, masih bab awal awal.. Dan di awal aja dapat faidah kalau timbangan kalimat "laa ilaaha illallaah" itu Melebihi timbangan langit bumi dan seisinya. Gausah sok2 ngitung atau nerka, intinya betapa berat dan agungnya kalimat tersebut di sisi rabb kita. Bab lainnya pasti menyibak ribuan faidah lagi yakan?

ﻭَﺳَﺎﺭِﻋُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﻭَﺟَﻨَّﺔٍ ﻋَﺮْﺿُﻬَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ ﺃُﻋِﺪَّﺕْ ﻟِﻠْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ ‏( ﺳﻮﺭﺓ ﺁﻝ ﻋﻤﺮﺍﻥ : 133 ).
“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”. (QS. Ali Imran: 133)

Mas, mba, adek, bu, pak, eyang, meski kita hitung pun, akal manusia sangat terbatas untuk mengetahui dan memahami betapa luas dan beratnya alam semesta.. Meski angka yang sebenarnya benar2 ditampakkan kepada kita pun, takkan mampu kita menjangkaunya.


Di gambar itu, konon alam semesta (langit beserta kontennya) yang terjangkau oleh perhitungan dan asumsi manusia saat ini.. -Selebihnya Allaahu a'lam- Diameternya aja 93 milyar tahun kecepatan cahaya. Padahal kecepatan cahaya itu 3x10^8 meter per second.


Tapi yang kita pahami pasti dari ayat tadi adalah bagaimana luasnya surga yg Allah telah sediakan bagi org2 yang bertakwa(kriteria penghuni surga). Bahkan Allah memerintahkan seluruh pembaca firmanNya untuk bersegera dalam meraih surga tersebut yang Allah dahulukan dengan perintah untuk menyegerakan taubat. Dan Allah tak hanya bersaksi tentang balasan nikmat/ janjiNya namun juga mengarahkan kita pada jalan untuk meraihnya.

Yang pasti.. Ketakjuban kita yang sejadi jadinya tadi dengan pendekatan kita yang terang2an terbatas untuk menjangkau misteri yang hanya Allah yg tau ujungnya itu akan berubah menjadi kesedihan yang abadi ketika pada akhirnya kita mendapati bahwa tak sejengkal pun kita dapatkan dari luasnya surga Allah.. Tidakkah sekonyong2 kau sadari bahwa rentetan gelar, tumpukan dinar, atau banyaknya penggemar takkan pernah bisa ditukar meski barang seinchi dari surga yang abadi?

Diriku, kenapa kau masih tak memanfaatkan potensi akalmu sebaik2nya untuk lebih memahami Rabbmu dengan segala ciptaanNya, kasih sayangNya, adzabNya, dan hak hakNya??!!! Berilmulaah!! Beramal-laaaaah!! Sebelum tiba masanya.. Sebelum kemungkinan terpahit itu bertambah probabilitasnya.. Kalau masih tak bangun2 juga, bangkai masih lebih baik dengan lalat2nya yg masih segan untuk hinggap bahkan mengerubungi. Bangkai itu bermanfaat bagi mereka. Kamu?

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi