Mutiara penuntut ilmu

Tsabat dan Tatsabbut

Diantara adab atau sifat yang semestinya dimiliki oleh seorang penuntut ilmu (ilmu apa pun) adalah tsabat dan tatsabbut.
.
Terdapat perbedaan antara makna tsabat dan tatsabbut. 
Tsabat artinya sabar/ulet, tidak jemu/bosan dalam menelaah suatu disiplin ilmu. Karena sikap terburu2 akan menghalangi seseorang dari memahami apa yang dipelajarinya secara utuh. Sikap yang demikian (bosan lalu berpaling ke kegiatan lainnya), akan menyebabkan waktunya terbuang tanpa faedah dengan kata lain, sia sia. Dikarenakan ilmu yg didapat belum utuh, atau malah dia belum mendapat hasil dari menuntut ilmu yg sebelumnya, lantas berpindah pada objek atau kegiatan lain yang menyebabkan hilang atau lupa akan ilmu yg belum maksimal tadi. Pun ia belum tentu bisa maksimal pada objeknya yang baru.
Sedang tastabbut adalah menyelidiki kebenaran kabar2 yang sampai padanya.. Diantara adab dalam mengambil ilmu adalah kita perhatian dengan setiap data dan berita yang didatangkan kepada kita dengan mencari kebenarannya/kesesuaiannya dengan quran dan sunnah. Sehingga kita akan terhindar dari pekerjaan yang sia sia, yakni mengamalkan sesuatu yang ternyata tidak mendatangkan manfaat apapun (pahala di akhirat maupun kebaikan dunia), sementara waktu telah banyak tersita untuk amalan tadi.
.
Faidah kitabul 'ilmi karya syaikh utsaimin rahimahullah


Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi