5000 Membeli Unta Merah

[Sederhana saja]

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ﻓَﻮَﺍﻟﻠَّﻪِ ﻷَﻥْ ﻳُﻬْﺪَﻯ ﺑِﻚَ ﺭَﺟُﻞٌ ﻭَﺍﺣِﺪٌ ﺧَﻴْﺮٌ ﻟَﻚَ ﻣِﻦْ ﺣُﻤْﺮِ ﺍﻟﻨَّﻌَﻢِ
“ Demi Allah, sungguh satu orang saja diberi petunjuk (oleh Allah) melalui perantaraanmu, maka itu lebih baik dari unta merah. ”(HR. Bukhari dan Muslim, lihat Syarh Muslim [8/31])

Tahukah teman teman nilai seekor unta merah?
Penulis ‘Aunul Ma’bud, mengatakan, “Unta merah adalah semulia-mulianya harta menurut mereka (para sahabat).” Di lain tempat, beliau rahimahullah mengatakan, “Unta merah adalah harta yang paling istimewa di kalangan orang Arab kala itu (di masa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).”

Yahya bin Syarf An Nawawi rahimahullah memberikan penjelasan yang cukup apik. Beliau rahimahullah mengatakan, “Yang dimaksudkan dalam hadits tersebut adalah unta merah. Unta tersebut adalah harta teristimewa di kalangan orang Arab kala itu.

Di sini Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan unta merah sebagai permisalan untuk mengungkapkan berharganya (mulianya) suatu perbuatan, yakni menunjukkan seseorang kepada kebenaran/kebaikan atau memperantarainya kepada hidayah. 

Imam Al Bukhari rahimahullah membuat judul Bab dari hadits di atas, “Bab: Keutamaan seseorang memberi petunjuk pada orang lain untuk masuk Islam”. Abu Daud membawakan hadits di atas pada “Bab: Keutamaan menyebarkan ilmu”.

Di tahun 2014 unta termahal telah terjual seharga 8 juta riyal saudi arabia.. Yah kira kira di atas 25 milyar jika dirupiahkan.. Bayangkan 25 milyar harta bisa kita miliki dengan modal lima ribu rupiah.. Bagaimana caranya?

Gunakan 5000 itu untuk mem-print-kan poster kajian, atau list info kajian, atau buletin2 bermanfaat, atau sebuah buku saku dzikir pagi petang dan semisalnya.. Sebarkan poster2, buletin, atau buku tersebut di tempat tempat yang akan dilihat banyak orang, dan sebisa mungkin secara rahasia (untuk menjaga keikhlasan)..

Maka biidznillah, siapapun yang mendapatkan manfaat dari ilmu yang kita sebarkan, insyaaAllah akan otomatis masuk ke dalam catatan amal kebaikan kita beserta kelipatannya, dan akan Allah gantikan 5000 anda dengan sesuatu yang bahkan lebih baik nilainya dibandingkan 25 milyar rupiah!

Inilah MLM yang tiada ruginya.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi