Jazaahumallaahu ahsan al jazaa'



Setiap insan tumbuh dan berkembang bersama dengan kenangannya. Aku teringat dengan kisah John Wood, pendiri Room to Read yang meninggalkan jabatannya untuk berkontribusi dalam membangun ‘pendidikan’ dan telah mendirikan lebih dari 7000 perpustakaan di pelosok dunia. Aku takjub sekaligus iri menyimak kisah beliau yang melatarbelakangi sikapnya tersebut. Sedari kecil orang tuanya menanamkan padanya kecintaan terhadap membaca sehingga memori masa lalunya dipenuhi dengan buku dan pengetahuan. Beliau berkata dalam bukunya ‘...saya benar – benar tak bisa membayangkan masa kecil saya tanpa buku’. Dan pada suatu ketika beliau dihadapkan dengan statistik bahwa 1 dari 7 orang di seluruh dunia mengalami buta aksara padahal dia tau betapa bahagianya ia di masa kecilnya ketika ayahnya pulang membawa buku Curious George dan beberapa buku Dr.Seuss. Pada akhirnya mulailah beliau dengan misi kebajikannya. Dan begitulah masa lalu turut andil membentuk kepribadian, semangat, dan orientasi seseorang dalam rentetan hikayatnya. 

Di sisi lain aku mengingat begitu banyak orang – orang yang ‘kurang sukses’ di luar sana yang hingga masa tuanya mengumpat, menghardik, bahkan mencaci keadaan akibat penyesalan akan masa lalunya yang kurang menyenangkan –menurutnya. Maka aku berlindung kepada Allah dari penyesalan dan kerugian di masa mendatang. Dan aku bertekad untuk memperbaiki kehidupanku yang sekarang dengan membuat ‘kenangan – kenangan manis’ yang akan menguntungkan kesudahan bagiku kelak. Meningkatkan kualitas hidup dengan ilmu yang bermanfaat dan amal – amal shalih dengan segenap doa yang kupanjatkan, mengharapkan rahmat dan taufik dari Allah. Karena aku meyakini bahwa tidak ada keterlambatan dalam memulai suatu kebaikan dan perbaikan. Meski perbaikan tak dapat mengubah masa lalu seseorang tapi yang pasti ia akan berakibat baik untuk masa depan.

Karena aku sadar, di masa lalu, aku belum bisa menjadi anak yang penuh bakti sebagaimana Uwais Al Qarni yang tidak akan tidur sebelum ibunya tidur, atau zainal abidin yang tak pernah makan satu meja dengan ibunya karena kekhawatirannya kalau kalau ia mendahului ibunya mengambil makanan yang diinginkan ibunya. Maka Pa, Ma, senantiasa ajari aku hingga aku mengerti bahwa itu baik untukku dan yang lainnya buruk bagiku. Semoga masih ada permakluman yang tersisa bagiku, tahanlah kekesalan itu sedikit lagi, dan aku berjanji tidak akan mengulanginya dengan sengaja. Semoga kalian masih betah mendengarkanku dengan penuh kasih sayang sebagaimana kalian betah mendengar celotehan tiada artiku ketika aku kecil. Semoga kalian tiada jenuh mencurahkan maaf padaku ketika khilaf itu tak terbendung untuk yang kesekian kalinya sebagaimana yang selalu kalian lakukan. Doakanlah anakmu ini sehingga ia tumbuh dewasa dan meraih predikat ‘Hamba’ yang sebenarnya. Dan semoga kalian diberi taufiq oleh Allah untuk bersabar -lagi- dengan semuanya. 

Bersabar untuk menuntunku merengkuh hidayahNya, bersabar untuk tidak mencela meski aku layak mendapatkannya, bersabar untuk selalu memaafkan, bersabar untuk terus mendoakan, dan bersabar hingga hari itu tiba. Bersabar hingga Mahkota yang lebih berharga dari dunia dan seisinya disematkan kepada papa dan mama. Bersabar hingga jubah kemuliaan itu dikenakan di tubuh kalian. Dan ketika hari itu tiba aku akan membawa semua kenangan indah yang mendominasi ingatanku dan bersaksi di hadapan Rabbku ‘Ya Rabbi, segala puji hanya untukMu, mereka orang tuaku, telah membesarkanku dengan ilmu, kasih sayang dan doa, dan mengusahakan keshalihanku dengan kesabaran tiada tara, maka kumpulkanlah kami kembali di surga..’. 

sebagaimana janjiNya
“...Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar : 10)


Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

لا تغضب hold your anger

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia