Kompromi

Allah itu sempurna seluruh keindahan nama dan sifatNya, ilmuNya, dan ciptaanNya.

mesin dan teknologi dikembangkan, properti material dan variabel2 permesinan dioptimalisasi, permukaan2 dihaluskan, mirror-like surface dicari cari.

gesekan, kekasaran, keduanya dibenci dan tidak diinginkan pada batas tertentu. tapi tanpanya, banyak sistem jadi tidak bermakna. mekanisme mekanisme kehilangan relevansinya. bahkan jadi sulit untuk berdiri tegak di atas kaki sendiri.

kita hendak mereduksi gesekan, tapi mengingat sistem yang mengawalinya (gaya gesek itu sendiri), kita tak ingin ia benar benar hilang.

di dunia, kita menyaksikan kelahiran, merasa hidup, tapi sadar pula niscayanya kematian.

kita mengenal keuntungan, tapi tak lupa dengan istilah resiko.

Kita bermetabolisme, kita juga berekskresi dan sekresi.

Mesin2 bekerja dengan efisiensi tertentu, tidak ada mesin carnott hakiki, semua menghasilkan zat sisa, semua menghasilkan entropi.

kita kuat dan sehat, tapi kadang sakit.
pada pasangan atau teman, terdapat kelebihan dan juga kekurangan.

kita mengenal bahagia dan kelezatan, tapi juga kepahitan dan pengorbanan yang mungkin merintangi sebelumnya.

kita beramal dan dapat pahala, tapi tak luput dari dosa bahkan sulit untuk menghindarinya.

Allah ciptakan malaikat, Allah ciptakan juga iblis dan bala tentaranya.

ciptaan Allah sempurna. Selalu dan semuanya. dan dunia diciptakan sempurna dengan keseimbangannya. seperti kail, sempurna tidak melulu dimaknai dengan lurus. seperti pesawat supersonik, sempurna tak pernah dipatok untuk yang senantiasa berjalan pelan pelan. seperti kasih sayang dan kelembutan seorang ibu, sempurna tidak pernah mutlak diartikan ketegasan. Seperti seorang sahabat, sempurna bukan berarti hanya pujian atau dukungan, tanpa kritik tanpa koreksi.

sempurnanya dunia adalah dengan adanya ketidaksempurnaan(kalaupun mau dikatakan demikian), resiko, gesekan, kesedihan, kematian, dosa dsb. apa hikmahnya?

1. mengingatkan kita, selama hubungannya dengan dunia, tidak ada yang abadi. Sehingga kau menyangka akan bisa senantiasa bahagia atau selamat dari kecewa. Mustahil

2. manusia tak bisa hidup sendiri. kita butuh hidayah dan rahmatNya.

3. Allah menciptakan manusia mampu berdamai dengan 'gesekan (Allah beri taufiq pada kita untuk melakukan penelitian, sekolah, belajar.. dsb sehingga kita bisa beradaptasi), Allah maha pemurah dengan hidayah dan rahmatNya terutama bagi yang meminta

4. agar kita paham, dunia dengan 'gesekan' bukan tempat perhentian, bukan pelabuhan terakhir bagi cinta dan angan angan.

5. agar kita semakin rindukan surga, dengan segala kesempurnaan tanpa cela, tanpa kecuali, lagi abadi.

Belakangan seorang teman mengingatkan.. Bau gas itu tidak menyenangkan. Tapi disitulah letak 'sempurna'nya. Gas elpiji asalnya tidak berbau, tapi diberi bau sehingga orang2 bisa melacak kebocorannya, dan kita pun bisa mencegah madhorot yang lebih tidak menyenangkan lagi dibandingkan sekedar baunya. Simpel saja topik saat itu, tetapi berhasil memantik jawaban untuk pertanyaan lainnya.

Catatan gambar : seminar hasil tesis teman mengenai riset beliau pada mesin micro punch. Jadi goalnya adalah membuat mesin punch untuk melubangi (dengan lubang berukuran mikro) logam2 keras yang lubang hasil punchnya itu halus (ga kasar), ga menghasilkan/minim tegangan sisa, burr/residu/chip/tatal dsb.. 

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi

Tips Manajemen Waktu