Review buku : Ibunda Para Ulama

Ketika bicara sirah maka kita bicara soal genre yang disukai imam abu hanifah rahimahullah bahkan melebihi kecintaan beliau terhadap ilmu fiqh. Karena pada hikayat, kita saksikan praktek dari fiqh itu sendiri. 
Isma'il 'alaihissalam, sudah kau hafal kisahnya.. keimanan dan ketaatan beliau pada Rabbnya. Sudah kau dengar kecerdasan dan baktinya, mengganti 'palang pintu rumah'nya mengamini titah ayahnya. Ingatkah kita siapa ibunya? Hajar, seorang wanita yang luar biasa, qanitah nan shalihah.. Juga sosok yang cerdas lagi sabar dan pantang menyerah atau berputus asa, yang telah membesarkan dan mendidik Isma'il 'alaihissalam. Dapat kita saksikan ketaatan dan kesabaran beliau ketika Nabi Ibrahim meninggalkannya berserta putranya di tanah tandus tanpa berbalik badan tak pula sepatah kata. Tidak diam tapi memilih mengambil sebab dari apa pun yang bisa diperbuatnya, berlari dari shafa menuju marwah dan sebaliknya hingga Allah mengkaruniakan zamzam bagi keduanya, prjlanan pnjg hingga kampung Makkah berdiri bahkan sampai detik ini.

Kita mengenang betapa gemilangnya kejayaan islam di masa lampau. Penaklukan demi penaklukan yang diraih para mujahid dan syahidnya.. di atas panggung pertempuran maupun di serangkaian majlis periwayatan.. Dengan senjata maupun pena dan tinta.
Dengan kekuatan maupun keilmuan.. Keduanya berjaya!

Nama nama seperti anas bin malik, asisten rasulullah, 'urwah bin zubair bayi pertama dalam islam, 'umar bin 'abdul 'aziz, hasan al bashri, imam asy syafi'i, nama2 yang terdengar merdu kisah2nya hingga saat ini.. Tidakkah kita tertarik mengenal sosok wanita dibalik keshalihan mereka? Yang melahirkan atau menyusui mereka, mentarbiyah mereka, mengusahakan makanan halal mengisi perut2 mereka, menyiapkan mereka untuk menuntut ilmu, dan mengusahakan yang terbaik bagi mereka dengan keteladanan maupun doa.

Semuanya bisa kita saksikan dalam setiap lembaran dari buku yang indah ini. Ditambah dengan kisah2 ibunda shalihah para ulama kontemporer.. Kisah2 mereka menjadi sarana inspirasi dan motivasi bagi kita perempuan/laki2, menjadi barokah dan hikmah bagi para anak/orang tua, mengambil pelajaran dan keteladanan, dalam rangka memperbaiki diri dan menyiapkan generasi


Popular posts from this blog

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

الدعاء سلاح المؤمن

Hadits - hadits tentang dunia

Apa itu Tauqifiyah?