Sepercik Energi

Pandai pandailah menghadirkan dan memperbagus niat.. Amalan mubah pun bisa bernilai ibadah hanya dengan niat

Contoh: makan
Makan diniatkan untuk menegakkan tubuh biar semangat ibadah. Jangan lupa baca bismillah agar makanan membawa barokah sekaligus melaksanakan sunnah (nyontoh nabi).. Semuanya dibuat ihtisab, mengharap jannah..
ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﺒﺎﺭﻙ : ﺭﺏ ﻋﻤﻞ ﺻﻐﻴﺮ ﺗﻌﻈﻤﻪ ﺍﻟﻨﻴﺔ
berkata ibnul mubarok: betapa banyak amalan kecil menjadi besar karena niat

___________________________________________________

Kalau imam bukhari diberi taufiq sehingga bisa menulis kitab tershahih setelah quran, atau imam nawawi yang bisa membuat ratusan judul tulisan yang bermanfaat hingga tutup usia di umurnya yang 45 tahun, bahkan beberapa judul kitabnya sangat masyhur dan dibedah dibanyak majlis sampai saat ini..

Maka jangan minder.. Coba berkunjung ke situs situs jurnal internasional, atau melihat akun akun researcher di research gate atau semisalnya.. saksikanlah.. zaman ini mereka yang 'bermotivasi ringan', tak kenal pahala, tak percaya surga dan neraka saja banyak yang bisa publish puluhan jurnal internasional atau hasil research di berbagai bidang yang sangat bermanfaat untuk banyak orang di dunia.. bahkan ada yang mendapat nobel dengan kontribusinya di bidang keilmuan.. yang kerap kali tak kikir untuk mengabdi dan mewariskan keahliannya.. beberapa dari mereka bahkan tidak 'dihargai' dengan yang semestinya (over qualified mungkin)..

Seharusnya yang punya 'motivasi besar' sebesar balasannya di dunia dan akhirat, dorongan kuat dari jiwa hanifnya, dan (jika memang untuk perkara baik dunia akhirat, apapun itu bidangnya) mendapat dukungan dari penduduk langit, mendapat restu Rabbnya.. harusnya lebih bersemangat lagi dan berkomitmen untuk menempuh jalannya meski terjal dan berkelok..

Ingatlah bahwa peluh yang menetes itu meski hanya seper sekian centimeter kubik, atau yang telah berubah fase menjadi uap lembab.. semuanya kelak akan dibayar kontan..
و من يعمل مثقال ذرة خيرا يره
Yang kan dibalas bukan hanya hasil suatu amalan.. tapi sedari kita meniatkannya.. maka bangkitkan semangat yang redup.. dan kembali ke jalur kemanfaatan
خير الناس انفعهم لالناس
احرصي على ما ينفعك و استعني بالله ولا تعجزي

re-ignite, make the spark, then get flamed up

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Komik berfaidah #4

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi