Tadabbur

     Hidup manusia tidak terlepas dari berbuat dosa atau melakukan pelanggaran.. Dan kita tahu bahwa di balik setiap perintah atau larangan Allah pasti mengandung hikmah dan mendatangkan manfaat bagi orang - orang yang mentaatinya, sehingga tak sedikit dari larangan - larangan yang dilanggar yang mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri dan orang di sekitar sebagai bentuk penyegeraan balasan di dunia sebelum akhirat atas maksiat tersebut atau sebagai bukti bahwa tidaklah Allah melarang atau memerintahkan sesuatu kecuali dengan hikmah.

     Dan di antara kewajiban seorang muslim adalah amar ma'ruf dan nahi munkar. Ya demi menjaga keseimbangan dalam kehidupan, maka perlu adanya suatu bentuk pencegahan atau perbaikan atas madhorot - madhorot yang telah dan akan terjadi sebagai akibat dari maksiat - maksiat yang ummat manusia lakukan.

     Namun hal itu tidak menuntut semua orang untuk duduk di mimbar yang sama... Tidak semua orang harus jadi ustadz/ustadzah. Dan tidak semua kemunkaran harus dicegah atau dihentikan dengan lisan. Bisa jadi dengan teladan, dan yang paling penting adalah dengan berdoa! Dan doa inilah yang semua orang memiliki kapasitas untuk melakukannya. 

      Setiap kita pun bisa mengambil perannya masing - masing... Walau hanya klik share dari sebuah video kajian dan semisalnya.. Jadi sungguh rahmat Allah sangat luas sehingga dalam setiap perintah dan larangan Allah tidak hanya menetapkannya melainkan juga menjadikan hamba 'mampu' untuk memenuhinya.. Namun hawa nafsu kitalah yang menghalangi sikap optimis tersebut dan menjadikan jasad ini lamban dalam merespon setiap seruan cinta dan kasih dari Allah, padahal Allah telah berfirman yang artinya,

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat balasan dari kebajikan dan balasan atas kejahatan yang diperbuatnya.." (QS Al Baqarah : 286)

      Maka sepatutnya bagi kita untuk senantiasa berdoa agar Allah menundukkan hawa nafsu kita dan menganugerahkan kepada kita ketaqwaan, taufiq dan kelezatan dalam setiap ketaatan - ketaatan yang kita lakukan sehingga mengalahkan kelezatan syahwat yang dirasakan dalam perilaku sebaliknya, yaitu bermaksiat.. Karena tidaklah seseorang dapat melakukan suatu ketaatan kecuali dengan pertolongan dari Allah.

"اللهم اني اسالك الهدى و التقى والعفاف والغنى"

Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Jangan Nunggu Sempurna

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi