Say : Alhamdulillaah 'alaa kulli haal

Memuji Allah atas Musibah


#‎revolusiMental‬

"Alhamdulillaah 'alaa kulli haal"
الحمد لله على كل هال

Syuroih Al-Qodhi rahimahullah berkata : "Sesungguhnya aku ditimpa musibah. Maka aku memuji Allah atas musibah tersebut sebanyak empat kali. Aku memujiNya karena (tidak menimpaku) musibah yang lebih besar. Aku memujiNya karena telah menganugraiku kesabaran atas musibah tersebut. Aku memujiNya ketika memberikan taufik untuk istirja' (mengucapkan kalimat inna lillaahi wa inna ilaihi rooji'un) karena aku berharap pahala darinya (istirja'). Aku memujiNya karena tidak menjadikan musibah tersebut di agamaku."

(Syu'abul iman Al-Baihaqi 9507)
Begitu besar kebahagiaan yg dirasakan seseorang yg bersabar dan memuji Allah atas mushibah yg menimpanya, sedang ketika kita hanya mengeluh, ingatlah bahwa keluhan tak kan mengurangi rasa sakit atau fisik dari mushibah itu sendiri.. Lebih baik berdoa/beristirja' agar kita mendapatkan balasan yg lebih baik dan pahala atas mushibah yg kita dapatkan.. So, simpan energi kita dan stop mengeluh mulai dari sekarang..


Comments

Popular posts from this blog

Tips Membuat CV Ta’aruf, Bonus Format Instan

Perbedaan Penulisan pada Mushaf Kemenag dengan Mushaf Rasm Utsmani cetakan Madinah

Komik berfaidah #4

Mad Badal - Meringankan Syiddah

Apa itu Tauqifiyah?

5 Video Podcast Paling Menginspirasi

Tips Manajemen Waktu